Rabu, 15 Februari 2012

Monev Kegiatan Fisik PLPBK

Oleh: Agung Bagus Armianto, ST (Askot Urban Planner PNPM MP Kabupaten Pekalongan | November 2011 - September 2012)
 
Target penyerapan BLM fisik sebesar 400 juta hampir mencapai batas akhir. Kegiatan terus dikebut oleh masyarakat melalui KSM yang telah dibentuk. Dalam menjaga kualitas pekerjaan fisik serta kesesuaian kegiatan dengan rencana dan kebutuhan masyarakat di Kelurahan Gumawang terus dilakukan pengawalan oleh Tim Fasilitator.
Dalam rangka itu pula pada hari Selasa tanggal 14 Februari 2012 dilakukan monitoring dan evaluasi kegiatan fisik PLPBK oleh Koordinator Kabupaten PNPM MP bapak Suryanto, S.Si dan Askot Urban Planner Agung Bagus Armianto, ST. Siang itu SF dari Tim 03 Helmy Nur Abdillah, Fasilitator UP Sri Listyaningsih, ST dan Fasilitator Teknik Sigit Witoko, ST juga nampak ikut mendampingi kegiatan tersebut.


Kegiatan monev dilakukan mulai pukul 15.00 WIB dengan mengunjungi semua lokasi kegiatan fisik di kawasan prioritas. Dilakukan diskusi-diskusi dan tanya jawab di lapangan langsung dengan anggota KSM maupun relawan yang bekerja. Mencoba digali kendala-kendala yang ada langsung dari para pelaku di lapangan.
Setelah 1 jam mengelilingi lokasi, acara dilanjut diskusi ringan di sekretariat BKM Asih Kelurahan Gumawang. Koordinator BKM Asih bapak Bilal, S.Sos hadir bersama anggota BKM lainnya. Tidak ketinggalan koordinator TPP Iman ikut hadir menceritakan proses yang dilakukan KSM di lapangan. Termasuk masalah pengelolaan sampah di Kelurahan Gumawang yang tidak memiliki TPS. Kemudian masalah lain yaitu sumber listrik dari lampu jalan yang akan dibangun juga masih menjadi permasalahan bagi masyarakat. 


Bapak Suryanto, S.Si pada kesempatan itu menekankan pada penyelesaian masalah genangan air di kawasan prioritas yang belum tersentuh oleh dana BLM. Akan disayangkan bila kawasan prioritas sebagian akan menjadi tertata tetapi meninggalkan 'Pekerjaan Rumah' di sisi lain kawasan itu sendiri. BKM bersama TPP diharapkan bisa segera mengestimasi penyelesaian hal tersebut dan bila memungkinkan akan di lakukan perbaikan dengan dana BLM juga.
Acara berakhir pukul 17.30 WIB dan direncanakan pertemuan selanjutnya pada kegiatan monitoring oleh Tim Teknis PLPBK.

2 komentar: