Kamis, 08 Desember 2011

Penandatangan SPK Tenaga Ahli Pemasaran

Oleh: Agung Bagus Armianto, ST (Askot Urban Planner PNPM MP Kabupaten Pekalongan | November 2011 - September 2012)
 
Tahap Pemasaran yang seharusnya telah di mulai sekitar 2 bulan ke belakang di Kelurahan Gumawang seolah tidak ada gaungnya. Hal itu dikarenakan memang tidak adanya aktifitas dalam kegiatan PLPBK itu sendiri. Masyarakat cukup disibukkan dengan berbagai jenis kegiatan lain seperti Rehab Rumah dari Menpera maupun kegiatan PNPM MP lainnya. Selain itu, Tenaga Ahli Pemasaran (TAP) yang seyogyanya sudah direkrut dan mendapatkan pelatihan dari KMW dan KMP juga belum dilakukan. Walau telah dilakukan proses perekrutan tetapi ternyata TAP belum di kontrak secara resmi. Alhasil, kegiatan pemasaran menjadi sedikit terlupakan.
Tetapi masyarakat ternyata tidak tinggal diam. Dipandegani oleh BKM dan juga Tim Pemasaran (TP) kegiatan PLPBK khususnya di tahap pemasaran mulai di aktifkan. TP yang selama ini vakum juga ternyata tidak benar-benar diam. Mereka terus melakukan koordinasi intern. Dan akhirnya setelah proses rembug, disepakati untuk segera melakukan penandatanganan kontrak dengan TAP.
Proses yang dilalui agak berliku mulai dari penyusunan draft Surat Perjanjian Kerja (SPK), penyepakatan draft SPK dengan internal BKM, TP dan masyarakat, proses konsultasi dengan Tim Teknis, negosiasi dengan TAP dan kemudian disepakati dengan penandatanganan SPK.


Akhirnya, Kamis 8 Desember 2011 jam 19.00 WIB di Kantor Kelurahan Gumawang di lakukanlah acara penandatangan SPK. Acara dihadiri oleh Sutiknyo, S.TP (Korkab PNPM MP Kabupaten Pekalongan), Agung Bagus Armianto, ST (Askot Urban Planner PNPM MP Kabupaten Pekalongan), Abdul Gafar (Lurah Gumawang), Bilal, S.Sos (Koordinator BKM Asih), Azis (Koordinator TP), Nur Rozak (Ketua Panitia Seleksi TAP), TIPP, LKMD, masyarakat dan TAP yang terpilih yaitu Drs. Muhammad Fuad.
Acara dibuka oleh Ketua Panitia Seleksi TAP dan dilanjut sambutan oleh Lurah dan Korkab PNPM MP Kabupaten Pekalongan. "Pemasaran ini nanti akan dilakukan secara internal dan eksternal. Seluruh masyarakat harus mengetahui dan memahami kegiatan PLPBK ini. Minimal semua penghuni rumah di kawasan prioritas mengetahui kenapa ada kegiatan di lingkungan mereka. Hal ini juga akan menjadi modal dalam melakukan pemasaran eksternal nanti. Tugas TAP membantu mewujudkan hal itu", tegas Sutiknyo, S.TP di sambutan beliau.


Kemudian acara dilanjut dengan penandatanganan SPK oleh Lurah dan Koordinator BKM selaku pihak pertama yang merekrut, TAP selaku pihak kedua yang direkrut dan mengetahui Korkab PNPM MP Kabupaten Pekalongan. Dan sebelum acara ditutup, Drs. Muhammad Fuad memberikan sedikit sambutan sekaligus memperkenalkan diri kepada masyarakat yang hadir malam itu. Akhirnya acara diakhiri karena masih akan ada agenda berikutnya pada malam itu juga yaitu pelatihan KSM yang akan melakukan kegiatan fisik di kawasan prioritas. Memang masih relatif terlambat kegiatan PLPBK di Kelurahan Gumawang ini, tetapi jelas masyarakat tidak tinggal diam dan mulai melangkah lebih cepat untuk mewujudkan mimpi bersama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar