Jumat, 09 Desember 2011

Pelatihan KSM

Oleh: Agung Bagus Armianto, ST (Askot Urban Planner PNPM MP Kabupaten Pekalongan | November 2011 - September 2012)
 
Tidak seperti biasanya malam itu Kamis, 8 Desember 2011 ruang kelas TK Bina Putra Kelurahan Gumawang terlihat ada kegiatan. Apakah anak-anak TK mendapatkan pelajaran tambahan hingga malam? Sepertinya tidak mungkin dan ternyata teman-teman dari TPP dan KSM yang malam itu mengadakan acara pelatihan KSM kegiatan infrastruktur memanfaatkan ruang yang ada.


Nampak dalam acara tersebut Korkab PNPM MP Kabupaten Pekalongan Sutiknyo, S.TP, Askot Infrastruktur PNPM MP Kabupaten Pekalongan Taufiqurrokhman, ST dan Askot Urban Planner PNPM MP Kabupaten Pekalongan Agung Bagus Armianto, ST. Kemudian juga Koordinator BKM Bilal S.Sos dan anggota BKM lainnya juga hadir mendampingi acara yang digagas oleh Koordinator TPP, Iman bersama dengan UPL.
Acara yang dimulai pukul 21.00 WIB setelah acara penandatangan SPK TAP, diagendakan untuk melatih KSM dalam menyusun proposal kegiatan infrastruktur, menghitung RAB dan sekaligus penjelasan mengenai metode pelaksanaan konstruksi. Materi tersebut diberikan dan dipandu langsung oleh Askot Infrastruktur dan dihadiri sebagian anggota KSM yang telah terbentuk.


Tidak mudah ternyata membuat KSM mampu menyusun proposal dan RAB karena penguasaan software yang mempermudah pengerjaan seperti Microsoft Excel saja mereka masih gagap. Tetapi nampaknya semangat untuk segera memulai kegiatan dan membangun lingkungan mereka mengalahkan kekurangan tersebut. Dan terbukti malam itu hampir semua proposal bisa selesai di susun meskipun masih perlu penyempurnaan lagi. Mengenai teknis pelaksanaan konstruksinya tidak begitu mengalami kesulitan yang berarti karena beberapa anggota KSM telah berpengalaman melakukan kegiatan fisik.
Acara tersebut akhirnya ditutup pukul 00.00 WIB dengan menyantap makanan kecil serta menikmati minuman teh panas yang disediakan. Sesulit apapun kegiatan nampaknya tidak menjadi hambatan lagi selama terjalin kebersamaan dan semangat yang terus menerus di pupuk oleh masyarakat Gumawang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar