Rabu, 23 November 2011

Survei Awal Pekerjaan Pembangunan Saluran

Oleh: Agung Bagus Armianto, ST (Askot Urban Planner PNPM MP Kabupaten Pekalongan | November 2011 - September 2012)
 
Tertinggal dengan lokasi lain penerima kegiatan PLPBK di Jawa Tengah tidak menyurutkan semangat masyarakat di Gumawang untuk tetap melanjutkan proses yang sempat tertunda. Perencanaan yang telah selesai dan siap di implementasi kegiatan fisiknya mulai di upayakan. Beberapa KSM pun telah mulai di bentuk agar kegiatan fisik segera berjalan. Hal-hal yang menjadi persyaratan kegiatan telah di identifikasi, salah satunya oleh KSM yang akan mengerjakan saluran (drainase).

Pada dokumen RTPLP terdapat rencana pembangunan saluran sepanjang 500 meter lebih di Jl. Mrican dan gang di RT 10. Menurut keterangan masyarakat, aliran air yang sekarang ada kurang lancar dan arahnya telah berubah. Hal tersebut tentunya membutuhkan pengukuran yang akurat menggunakan alat khusus (theodilite dan waterpass) sehingga tidak terjadi pembangunan saluran yang sia-sia.

Menurut keterangan Helmy, SF Tim 03 yang mendampingi Kelurahan Gumawang, sudah pernah di koordinasikan dengan Pemda untuk kegiatan pengukuran. Akan tetapi sampai akhir tahun ini alat yang dimiliki Pemda digunakan sehingga tidak bisa dipinjam. Akhirnya di putuskan untuk menggunakan jasa pihak ketiga dalam melakukan pengukuran.

Pada Rabu pagi, 23 Nopember 2011 dilakukan survei awal dengan pihak ketiga tersebut untuk menentukan titik-titik yang akan diukur serta estimasi biaya yang dibutuhkan. Dari Gumawang di hadiri oleh bapak Bilal (Koordinator BKM), Misroh (anggota BKM) dan Iman (Koordinator TPP). Dari konsultan hadir Taufik dan Didik (Askot Infra), Bagus (Askot UP) dan Helmy (SF Tim 03). Survei yang dimulai pukul 09.00 berakhir pukul 15.00 dan dilanjut rembug mengenai kesepakatan BKM dengan Tim Pengukuran masalah waktu, harga dan output kegiatannya.

Hasil dari survei awal tersebut nantinya akan ditindaklanjuti dengan rembug BKM untuk memutuskan biaya yang harus disepakati dan tentunya pengukuran yang lebih detail dan akurat. "Hasil survei awal akan saya bawa ke rapat BKM hari Kamis malam, sehingga keputusan untuk melaksanakan pengukuran lebih lanjut segera bisa dilakukan atas kesepakatan seluruh anggota", jelas pak Bilal selaku Koordinator BKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar